Mengunjungi Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi


Situ Gunung Sukabumi
Mengunjungi Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi ---Travelling ke Situ Gunung tidak lagi sekadar berkunjung melihat obyek-obyek wisata alamnya, seperti hutan wisata, air terjun atau danau. Kawasan seluas 200 hektar ini kini mengambil konsep ekowisata dalam pengelolaannya.

Ekowisata (ecotourism) menurut The International Ecotourism Society di tahun 1990 mendefinisikan sebagai perjalanan yang bertanggung jawab ke tempat-tempat yang alami dengan menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Diharapkan, para wisatawan juga ikut menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan obyek wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk meningkatkan sumber daya alam, Situ Gunung akan terbuka untuk berbagai penelitian. Satu hal yang menarik, Situ Gunung menjadi tempat tinggal banyak hewan endemik Jawa Barat yang jumlahnya terbilang sedikit dan terancam punah, salah satunya adalah surili.

Selain itu, flora kawasan ini akan dikembalikan ke tanaman endemik. Diharapkan, secara bertahap kawasan ini akan didominasi oleh sekira 10 tanaman endemik yang ada, antara lain puspa, rasamala, jamuju, dan lainnya.

Sebagai tempat rekereasi, kawasan Situ Gunung terkenal dengan wisata alam danau dan air terjunnya. Selain Danau Situ Gunung, terdapat banyak air terjun yang dikenal dengan sebutan curug, contohnya Curug Sawer, Curug Kembar, Curug Cimanaracun, Curug Cikuluwung, dan Curug Tangki.

Untuk mengembangkan sumber daya masyarakat, pengelolaan kawasan ini sementara melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja. Namun ke depan diharapkan masyarakat mempunyai koperasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, program adopsi pohon, pembuatan, dan penjualan souvenir, pembukaan outlet masyarakat untuk menjual hasil pertaniannya adalah beberapa contoh program yang akan dilakukan tahun ini.

Terletak di kecamatan Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango ini terkenal dengan wisata alamnya dan sering digunakan sebagai tempat rekreasi dan kegiatan outbound, tubing, sepeda gunung, dan kegiatan petualangan lainnya.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang objek wisata Goa Tou Mulangke Sulawesi Tengah pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda