Menikmati Keindahan Wisata Alam Sawah Terasering Bali


Sawah Terasering Bali
Menikmati Keindahan Wisata Alam Sawah Terasering Bali ---Berlibur di Bali tak melulu harus mengunjungi pantai atau belanja ke pasar seni. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan persawahan terasering di Pulau Dewata ini.

Banyak tempat untuk anda kunjungi di Bali. Selain pantainya yang indah, Bali juga terkenal dengan keindahan sawah-sawah teraseringnya.

Berikut beberapa Keindahan Wisata Alam Sawah Terasering Bali yang bisa Anda kunjungi ketika melakukan travel ke Bali.

Jatiluwih
Jatiluwih merupakan sawah terasering kebanggan masyarakat Bali karena terdiri dari hamparan yang sangat luas sawah terasering, bahkan Jatiluwih sempat diajukan sebagai "world Heritage" warisan budaya dunia bersama dengan sungai Ayung dan Pura Taman Ayun.

Sayangnya, wisata yang satu ini "masih belum beruntung" untuk mendapatkan bantuan dari UNESCO. Mudah-mudahan di lain waktu bisa diajukan dan sukses sehingga bisa membantu serta meningkatkan pariwisata Bali khususnya di Jatiluwih.

Jatiluwih berada di kecamatan Penebel, Tabanan sekitar 1-2 jam perjalanan dari Denpasar. Saat cuaca cerah akan terlihat keindahannya yang "spektakular" dengan latar belakang Gunung Batukaru. Pemandangan paling indah bisa disaksikan saat padi mulai menghijau maupun saat sebelum panen, ingin rasanya berlama-lama menikmati keindahan "lukisan alam" di Jatiluwih.
Pupuan
Sawah terasering di Pupuan juga tak kalah indah dibandingkan dengan Jatiluwih. Berlokasi di kecamatan Pupuan, Tabanan, berada di sepanjang jalan Singaraja-Denpasar dari arah Seririt, Buleleng.

Jalan ini menjadi jalan favorit saya karena rangkaian keindahan yang ditawarkan sawah terasering ini begitu memesona, udara yang bersih dan segar dengan pemandangan indah sawah tersering di sepanjang kanan dan kiri jalan hijau terhampar. Sejuk dan indah.
Tegalalang
Sawah terasering di Tegalalang adalah "rice terrace" yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya begitu dekat dengan tempat-rempat wisata lainnya, seperti Ubud, Gunung Kawi Tampaksiring, Tirta Empul, Gunung Kawi Sebatu dan Taro Elephant Park . Sawah ini terletak di sebelah utara Ubud di sebelah kanan jalan yang menuju ke arah Kintamani.

Sawah teraseringnya tidak begitu luas namun eksotis. Di sini tersedia warung dan cafe yang menawarkan pemandangan sawah yang indah. Di sepanjang jalan menuju ke lokasi wisata ini banyak terdapat art shop yang menjual berbagai macam handicraft khas bali dari skala grosir maupun retail.
Antosari (Soka Beach)
Jika anda datang ke Bali dengan menggunakan transportasi darat dari Jawa, maka anda akan melewati sawah terasering di Antosari. Lokasinya dekat sekali dengan Pantai Soka, Selemadeg, Tabanan.

Pemandangan yang disajikan sawah ini cukup indah. Anda bisa mampir ke salah satu warung yang ada di tepi sawah untuk sekadar menikmati aroma kopi sebagai pengusir rasa kantuk saat mengemudi sambil memanjakan mata, dan menyegarkan pikiran dengan "eksotisme sawah terasering di Antosari".
Busungbiu
Busungbiu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Buleleng. Jika anda berkendara dari Seririt menuju Denpasar maka anda akan melewati sawah terasering di Busungbiu. Pemandangan yang disajikan cukup eksotis karena kita langsung melihat sawah tersebut dari tempat yang tinggi.

Terhampar sajian sawah yang terbagi kecil berupa kotak-kotak diselingi dengan lambaian nyiur dan garis sungai serta jalan setapak yang membelah persawahan.

Siapa pun yang melihat pasti akan berdecak kagum dan mengungkapkan kata, "Wow" seperti turis-turis asing yang sempat singgah di kawasan indah ini. Bagi pencinta fotografi, tempat ini adalah salah satu "must visit places". Berlokasi tak jauh dari air panas Banjar dan pantai Lovina di Buleleng.
Karangasem (dekat Tirta Gangga)
Karangasem juga memiliki beberapa "titik" indah persawahan terasering, salah satunya berlokasi di daerah Tirta Gangga. Pemandangan yang disajikan cukup indah dengan latar belakang Gunung Lempuyang.

Jika anda berkendara menuju ke Amed atau Tulamben pasti akan melewati persawahan ini. Tempat menarik di dekat persawan ini adalah Tirta Gangga (pemandian Raja Karangasem tempo dulu), Amed (pantai indah dengan panorama bawah laut spektakular), Tulamben (buat pencinta diving), serta Taman ujung (istana air Kerajaan Karangasem).
Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Keindahan Wisata Alam Sawah Terasering Bali pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Alahan Kampar pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda