Mengunjungi Objek Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri


Air Terjun Dolo Kediri
Mengunjungi Objek Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri ---Selain terkenal terkenal dengan pabrik tahu, Kediri mempunyai obyek wisata alam yang tak kalah menariknya, yakni Air Terjun Dolo.

Tempat wisata ini terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat, kurang lebih 25 kilometer. Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah dan asri.

Perjalanan ke Wisata Air Terjun Dolo memang lumayan memakan waktu, sekitar dua jam dari Pare atau sekitar satu jam dari kota Kediri. Tetapi perjalanan itu tidak akan terasa dengan pemandangan di kanan dan kiri yang terasa sejuk karena di daerah tersebut sering turun hujan.

Mendung juga menghampiri gunung sehingga perjalanan ditutupi kabut yang lumayan tebal. Jangan lupa bawa jaket dan mantel, karena di atas gunung kadar airnya tinggi, sehingga membuat udara terasa agak dingin.

Untuk perjalanan menuju Air Terjun Dolo, kita harus berhenti di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan. Jalanannya berupa tangga-tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut.

Letak kawasan wisata air terjun ini kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut. Sedang ketinggian air terjunnya diperkirakan mencapai 125 meter.

Begitu mendekati air terjun ini, kita langsung merasakan butiran-butiran air terjun yang sebagian terbang mengikuti angin. Suara gemuruh airnya melengkapi sensasi Air Terjun Dolo. Benar-benar suasana alam yang membuat hati kita damai.

Jika hari biasa, wisatawan yang datang tidak terlalu banyak. Tetapi jika akhir pekan dan hari libur (tanggal merah), wisatawan yang datang dapat mencapai tiga kali lipat.

Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Untuk wisatawan dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar dan dapat memetiknya sendiri.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Sisa Kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam di Banda Aceh pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda