Melihat Sisa Kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam di Banda Aceh


Kerajaan Aceh Darussalam
Melihat Sisa Kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam di Banda Aceh ---Posisinya yang berada di ujung barat kepulauan Indonesia telah membuat kota Banda Aceh sebagai tempat transit serta diakui sebagai pusat pendidikan, perdagangan, dan pemerintah.

Kerajaan Aceh Darussalam didirikan Sultan Johan Syah pada 1250 masehi mengikuti disintegrasi kerajaan Hindu-Buddha kuno seperti Indra Purba, Indra Purwa, Indra Patra, dan Indra Pura.

Ibu kota dari Kerajaan Aceh Darussalam dahulu adalah Banda Aceh Darussalam. Setelah 70 tahun pertempuran dengan Sultan Belanda kemudian berubah nama menjadi Kutaraja. Kota ini akhirnya dinyatakan Banda Aceh pada tahun 1962.

Sebagai salah satu kota tertua yang memeluk Islam, kehidupan sehari-hari di Banda Aceh saat ini masih sangat dipengaruhi oleh gaya hidup Islam.

Sebagai pintu gerbang pariwisata di pintu masuk barat Indonesia, Anda diajak untuk mempelajari kehebatan sisa era keemasan Aceh Darussalam. Sementara beberapa warisan bangunan hanyut setelah bencana tsunami tahun 2004, namun beberapa masih ada. Pusat Informasi wisata di Banda Aceh secara hati-hati mempertahankan sisa-sisa sejarah dan mereka menunjukkan bagaimana tanah megah ini tumbuh tangguh secara rohani.

Meskipun sekitar enam puluh persen infrastruktur kota hancur dan beberapa bagian kota tetap terendam, kota ini sekarang tampak baru hasil dari pembangunan setelah bencana tsunami lalu. Prasarana dan aktifitas telah kembali seperti biasa, pariwisata menjadi semakin populer. Ulee Lheue merupakan garis pantai yang menghadap ke Selat Malaka dan Samudra Pasifik di barat, yang menawarkan pemandangan matahari terbenam terbaik di negeri ini.

Kunjungi rumah penduduk dengan sebuah perahu nelayan di atapnya. Tak seorang pun ingin memindahkan kapal ini karena memiliki cerita dramatis tersendiri. Menurut cerita perahu ini menyelematkan 59 orang pada sunami 2004 lalu. Jangan lewatkan untuk mengagumi Masjid Agung Baiturrahman yang masih berdiri kokoh. Ada ratusan cerita yang luar biasa ketika Anda berkeliling di sekitar kota yang baru-baru ini dijuluki sebagai salah satu kota terbersih di negeri ini.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Sisa Kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam di Banda Aceh pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Objek Wisata Danau Ranau Gunung Seminung Lampung Barat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda