Wisata Tradisi Adu Betis Setelah Panen di Bone Sulawesi Selatan


Adu Betis Bone
Wisata Tradisi Adu Betis Setelah Panen di Bone Sulawesi Selatan ---Ada yang unik dari tradisi masyarakat Dusun Paroto, Desa Samaelo, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan. Mereka selalu menggelar tradisi adu betis setiap memanen padi.

Meski terkesen anarkis, permainan rakyat yang dinamakan Mallanca ini sangat diminati oleh warga. Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu, permainan rakyat ini sudah berlangsung secara turun temurun dan digelar setiap usai panen, hal ini dilakukan untuk menguji kekuatan betis.

Sebelum permainan rakyat ini dimulai, kaum ibu di desa tersebut terlebih dahulu menyajikan makanan yang dibawa dari rumah untuk disantap bersama. Baik untuk peserta Mallannca, maupun penonton yang datang dari desa tetangga.

Dalam tradisi tersebut satu persatu peserta atau para jawara kampung memperagakan kekuatan betisnya. Dalam permainan ini tak jarang para peserta mengalami kesakitan, bahkan keseleo akibat hantaman kekuatan kaki lawan.

Namun demikian, rasa persaudaraan tetap tercipta, walau rasa sakit dirasakan saat betis-betis mereka saling beradu, tak terkecuali di antara mereka ada yang terlihat meringis kesakitan.

Selain itu, acara yang dihadiri ratusan warga tersebut juga merupakan ajang silaturahmi bagi warga kampung untuk mempererat tali persaudaraan sekaligus untuk menghindari permusuhan.

Permainan ini sangat disenangi bukan hanya kaum tua, permainan ini juga menarik perhatian anak-anak maupun kaum hawa. Bahkan aparat kepolisian yang sedang bertugas juga terlihat ikut dalam permainan ini dan berbaur dengan warga.

Aturan permainan tersebut adalah dalam sekali putaran diikuti empat orang yang masing-masing dua lawan dua. Dua orang yang memasang kaki dan dua orang lainnya yang melakukan sepakan. Sepakan pada betis ini dilakukan hingga tiga kali secara bergantian.

Salah seorang warga, Haji Nurdin, mengatakan tradisi Mallanca ini merupakan tradisi turun temurun, sejak ratusan tahun yang lalu, setiap usai panen.

Salah seorang peserta yang datang dari desa tetangga, Sul, mengaku sering mengikuti acara Mallanca ini walau terkadang kakinya kesakitan. Meski sakit, dia tidak pernah merasa dendam terhadap lawan. Bahkan dia merasa ketagihan dan tidak jera untuk ikut beradu otot, setiap kali acara Mallanca digelar.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Wisata Tradisi Adu Betis Setelah Panen di Bone Sulawesi Selatan pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Objek Wisata Alam Air Terjun Taman Wisata Wera pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda