Tentang Penyelenggaraan Sail Morotai 2012 di Maluku


Sail Morotai 2012
Tentang Penyelenggaraan Sail Morotai 2012 di Maluku ---Sail, merupakan cara promosi wisata Maluku yang cukup efektif dan signifikan dalam hasilnya, seperti yang terlihat setelah penyelenggaraan Sail Morotai 2012 lalu.

Pemerintah telah menyelenggarakan Sail sejak tahun 2009, dimulai dengan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, dan Sail Wakatobi - Belitong 2011. Selama penyelenggaraan sail tersebut, semua berjalan dengan baik dan sukses serta memberikan dampak positif yang cukup signifikan bagi daerah. Oleh karena itu penyelenggaraan Sail terus dilanjutkan.

Berdasarkan Keppres No. 4 Tahun 2012, Pulau Morotai yang terletak di Provinsi Maluku Utara ditetapkan Pemerintah sebagai lokasi pelaksanaan Sail pada tahun 2012.

Pulau Morotai yang seringkali disebut sebagai “East Indonesia Paradise”, merupakan pesona kecantikan timur Indonesia dengan daya tarik wisata alam bahari yang sangat mempesona serta keragaman dan keunikan biota laut. Selain itu Morotai sering juga disebut sebagai Morotai The Memory Island (Morotai Pulau Kenangan), karena pada saat Perang Pasifik (Perang Dunia II), Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Jepang pada 1942 di bawah pimpinan Jenderal Kawashima, serta tentara Sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur.

Lokasi Pulau Morotai yang strategis di Samudera Pasifik dapat dijadikan sebagai pintu masuk negara-negara Asia Pasifik, dan diharapkan akan menjadi salah satu tujuan wisata bahari sekaligus wisata sejarah Perang Dunia II yang menjanjikan.

Beberapa kegiatan inti penyelenggaraan Sail Morotai 2012 antara lain : Yacht Rally; Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan yang terdiri dari Operasi Surya Bhaskara Jaya, Operasi Bhakti Kartika Jaya, dan Operasi Bhakti Pelangi Nusantara; Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB); Acara Puncak, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di dalam air dan di pulau terdepan.

Rangkaian kegiataan Sail diharapkan akan menggerakan pembangunan di lokasi penyelenggaraan Sail secara signifikan. Mulai dari pembangunan atau perbaikan sarana dan prasarana transportasi, lokasi-lokasi tujuan wisata, serta fasilitas umum lainnya, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Akankah penyelenggaraan Sail Komodo 2013 mendatang bakal menuai sukses seperti penyelenggaaan Sail Morotai 2012 tahun lalu? Kita lihat saja nanti.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Penyelenggaraan Sail Morotai 2012 di Maluku pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Keindahan Objek Wisata Alam Bawah Laut di Kepulauan Padaido Biak pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda