Berkeliling Lombok Dengan Kendaraan Cidomo


Kendaraan Cidomo
Berkeliling Lombok Dengan Kendaraan Cidomo ---Jika Anda travelling ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, jangan lupa untuk menikmati pemandangan dengan naik kendaraan Cidomo khas Lombok.

Cidomo adalah kependekan dari cikar, dokar dan montor (mobil dalam bahasa Sasak). Ini adalah kendaraan menggunakan kuda sebagai penarik, atau bila di pulau Jawa dikenal sebagai delman (banyak juga yang menyebutnya dokar).

Uniknya, cidomo di sepanjang pantai Senggigi kebanyakan di hias dan kusir pengendara kuda juga menggunakan baju khas Sasak. Seperti yang ditemui Okezone di jalan raya Senggigi.

Adalah Makki (50) yang sudah 18 tahun berprofesi sebagai kusir cidomo ini. Makki pria paruh baya ini biasa melayani wisatawan yang datang ke pantai Senggigi dan membutuhkan kendaraan untuk jarak dekat. Tarifnya tidak pasti dan bisa disepakati dengan cara tawar menawar.

Makki bercerita, bahwa hari ini dirinya menang juara III lomba hias cidomo yang diadakan Polsek Senggigi, menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh tepat pada 1 Juli. Makki mendapatkan hadiah piagam serta uang tunai Rp300 ribu.

Dirinya bercerita singkat tentang kehidupannya sebagai kusir cidomo. Bermodalkan satu ekor kuda, dia mulai berkeliling mencari penumpang setiap pukul tiga sore hingga malam hari. Kuda kesayangannya hanya istirahat di pagi hingga siang hari, di mana dirinya juga bercocok tanam di waktu tersebut sebelum menarik cidomo.

Untuk pendapatan sehari-hari, Makki mengaku cukup untuk menghidupi keluarganya dari usahanya menarik cidomo. Terlebih jika pada musim liburan dimana banyak wisatawan yang datang ke Lombok.

Hasil dari menarik cidomo ini cukup untuk menghidupi keluarga. "Saya dulu punya dua kuda, tapi satu saya jual untuk biaya sekolah anak," jelas Makki dengan dialek bahasa Sasak yang kental.

Makki juga mengaku dirinya bisa berbahasa Inggris walaupun hanya sedikit. Ini memudahkannya untuk menarik minat penumpang turis asing yang memang banyak datang khusus ke pulau Lombok.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Kendaraan Cidomo Khas Lombok pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Teluk Kiluan Lampung pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda