Travelling ke Objek Wisata Eksotis Goa Gong Pacitan


Goa Gong Pacitan
Travelling ke Objek Wisata Eksotis Goa Gong Pacitan ---Travelling ke kota kelahiran presiden SBY belum lengkap tanpa berkunjung obyek wisata eksotis yang pantas Anda masukkan ke dalam daftar jalan-jalan Anda. Salah satunya adalah obyek wisata Goa Gong.

Goa adalah salah satu wisata andalan di Pacitan. Yang paling terkenal tentu saja adalah Goa Gong.

Menuju obyek wisata Goa Gong, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pegunungan kapur di kanan kiri jalan. Selain pegunungan kapur, pohon jati di pinggiran bukit juga menjadi pemandangan menyejukkan mata.

Alat transportasi yang Anda gunakan juga akan terasa nyaman karena jalan menuju Goa Gong terbilang baru. Goa Gong masuk ke dalam wilayah Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan.

Harga tiket masuk ke obyek wisata Goa Gong sangat murah. Anda cukup membayar Rp2.500 saja. Jika hari libur atau akhir minggu, akan banyak terlihat kios penjaja makanan dan minuman yang melayani wisatawan. Tetapi di hari biasa, hanya terlihat beberapa lapak saja yang membuka dagangannya.

Pengunjung objek wisata Goa Gong akan mencapai puncaknya di akhir pekan. Untuk menuju pintu goa, pengunjung harus menaiki tangga dan selanjutnya turun lagi menuju perut bumi.

Kondisi di dalam goa minim penerangan. Dibutuhkan alat penerang seperti senter atau lilin agar Anda bisa melihat dengan leluasa kondisi di dalam goa.

Penduduk setempat banyak yang berprofesi meminjamkan senter dan jasa pemandu wisata. Anda juga bisa memilih menggunakan buku panduan, jika tidak ingin menggunakan pemandu wisata. Buku panduan bisa Anda dapatkan seharga Rp3.000 saja.

Pertama kali memasuki goa, Anda akan disambut oleh banyak stalaktit berbentuk mirip dengan sedotan dalam jumlah yang banyak. Sungguh indah terlihat seperti menyambut selamat datang dan mempersilakan masuk pengunjungnya.

Seperti yang kita ketahui, stalaktit dan stalakmit, akan terus berkembang selama tetesan air di atasnya masih mengalir. Dibutuhkan puluhan tahun untuk menambah panjang 1 cm. Maka, sebuah goa stalaktit dan stalakmit yang sudah terbentuk, diyakini berumur ratusan tahun sehingga bisa membentuk berbagai ukuran yang indah sekarang ini.

Goa Gong memiliki banyak sekali bentuk stalaktit dan stalakmit. Bisa dibilang, goa dengan bentuk terlengkap yang ada di Jawa. Salah satu bentuknya yang indah adalah yang menyerupai gorden dengan bintik-bintik seperti mutiara di dalamnya.

Stalaktit dan stalakmit yang ada di goa gong terlihat sangat kokoh. Pengunjung diberikan batas khusus dengan pegangan di sepanjang trek yang bisa dilalui.

Sebutan Goa Gong diberikan karena ketika Anda mencoba memukul atau mengetuk salah satu stalaktit dan stalakmit, akan berbunyi seperti degungan gong yang memenuhi ruang di dalam goa.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Travelling ke Objek Wisata Eksotis Goa Gong Pacitan pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Keindahan Objek Wisata Pulau Sempu Jawa Timur pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda