Mengunjungi Objek Wisata Andalan Manado Sulawesi Utara


Mengunjungi Objek Wisata Andalan Manado Sulawesi Utara ---Ibukota propinsi Sulawesi Utara, Manado memiliki pariwisata yang sangat eksotik. Banyak pilihan bagi wisatawan untuk berekreasi dan berwisata. Dari wisata alam seperti taman laut Bunaken, keindahan pantai, tempat hiburan rakyat, pusat perbelanjaan, hingga wisata kuliner, tersedia di kota ini.
Objek Wisata Andalan Manado
Di Sulawesi Utara terdapat empat golongan suku bangsa dengan jumlah masyarakat yang mendiami wilayah semenanjung yang berada di utara pulau Sulawesi. Keempat suku bangsa itu adalah Minahasa, Gorontalo, Bolaang Mongondouw, dan Sangir Talaud.

Keanekaragaman seni budaya di Bumi Nyiur Melambai ini juga menjadi saya tarik tersendiri untuk wisatawan dalam dan luar negeri. Festival Bunaken merupakan kegiatan paling akbar di Sulawesi Utara yang digelar secara kolosal.

Tarian dan musik tradisional seperti musik bambu, kulintang, musik Bia merupakan suatu atraksi unik. Selain itu beragam tarian yang dimiliki seperti Maengket, Katrili, Tumetenden, tari Pisok, tari Pato-Pato, dan tari Lenso menjadi alat pemersatu dan menghibur masyarakat maupun tamu yang datang ke provinsi ini.

Berikut, daftar Obyek Wisata Manado yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Manado, yang disitat dari buku Informasi Pariwisata Nusantara Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang sebelumnya bernama Dumoga Bone, memiliki berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat dan Papua-Australia di sebelah Timur (Wallaceae Area).

Obyek wisata petualangan ini obyek wisata bagi para pelancong untuk mengenal fauna endemik yang menghuni taman nasional ini seperti anoa, burung taon, kuskus, babi, rusa, dan burung Maleo, kera berkepala hitam, kelelawar raksasa pemakan buah, burung enggang, dan tarsier.
Pantai Bolaang Mongondow
Di pantai Bolaang Mongondow terdapat Pulau Molosing, dan Pulau Tiga yang menjadi kawasan wisata pasir putih yang halus, dan banyak dikunjungi wisatawan.
Pulau Lembeh
Di kota ini juga terdapat pemandangan yang menarik yaitu bentangan pulau yang cukup besar di depan pelabuhan dikenal dengan Pulau Lembeh yang cocok untuk lokasi wisata menyelam, dan menikmati keindahan bawah laut.

Selat Lembeh memiliki taman laut yang indah dengan spesies ikan yang beraneka ragam dan hidup pada terumbu karang. Wisatawan mancanegara tinggal di Pulau Lembeh dengan berbagai fasilitas wisata bahari.
Air Terjun Nguralawo
Obyek lainnya adalah Air Terjun Nguralawo di desa Binala Kecamatan Tamako, jaraknya 6 Km dari pusat kota Tamako. Menurut legenda dinamakan Nguralawo karena zaman dulu air terjun ini menjadi tempat pemandian para bidadari (putri kayangan).
Pantai Kora-Kora
Berada di Desa Kapataran, sekira satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum dari Tondano, Pantai kora-Kora adalah tempat yang tenang yang menjanjikan ketenangan dari kesibukan perkotaan. Anda dapat berenang, mandi sinar matahari, berperahu, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.
Manado
Saat ini Manado telah berkembang menjadi kota besar dengan masyarakatnya yang kosmopolitan. Ibukota provinsi Sulawesi Utara ini merupakan kota yang bersih dengan penduduknya yang ramah. Standar ekonomi penduduk Manado disebut-sebut sebagai yang tertinggi di wilayah timur Indonesia.
Pulau Bunaken
Terkenal di seluruh dunia karena keindahan taman lautnya dan kecantikan pantai dengan karang-karang lautnya. Bunaken disebut-sebut memiliki kecantikan alam bawah air yang paling spektakuler di dunia di mana aneka bentuk terumbu karang, gua-gua, dan lembah bawah air bersatu padu dihiasi bunga karang dan aneka ikan berwarna-warni.

Hewan laut seperti kura-kura dan ikan lumba-lumba juga kerap terlihat di kawasan Bunaken. Aneka bentuk koral berwarna-warni di sekitar Pulau Bunaken telah menjadi daya tarik bagi wisatawan manca negara untuk datang menyelam dan snorkeling.

Di Pulau Bunaken terdapat sisa-sisa bangkai pesawat terbang militer dari masa Perang Dunia II yang juga didatangi wisatawan sebagai salah satu daya tarik wisata di tempat ini.
Taman Nasional Bunaken
Merupakan kawasan konservasi perairan dengan luas 79.065 ha yang terdiri dari dua bagian terpisah yaitu bagian Utara meliputi lima pulau masing-masing Pulau Bunaken, Siladen, Manado Tua, Mantehage dan Pulau Nain, serta wilayah pesisir Desa Molas, Desa Meras, Tongkaina, dan Tiwoho. Di bagian Selatan meliputi Desa Popo, Teling, Kumu, Pinasungkulan, Rap-rap, Sondaken, Wawontulap, dan Poperang.

Bunaken yang merupakan kawasan konservasi ini memiliki keanekaragaman hayati pesisir dan laut yang sangat tinggi, dan terdapat tiga ekosistem utara perairan tropis Indonesia yaitu terumbu karang, hutan bakau, dan padang lamun.
Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Andalan Manado Sulawesi Utara pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Buku Wisata Religi ke Peninggalan Kelenteng Kuno di Indonesia. Semoag bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda