Mengunjungi Kampung Wisata Desa Cilimus Cirebon


Desa Cilimus Cirebon
Mengunjungi Kampung Wisata Desa Cilimus Cirebon ---Travelling ke Kota Cirebon di pesisir pantura Jawa Barat belum lengkap rasanya tanpa menyambangi Desa Cilimus. Di sinilah terhampar desa asri berudara dingin dengan sumber mata air panas melimpah.

Sungguh sayang jika Anda telah tiba di Cirebon tidak menyempatkan mampir ke Cilimus yang hanya memakan waktu 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Selain bisa mencoba berenang di mata air panas alami, di sini pula terletak rumah bersejarah tempat perjanjian Linggar Jati ditandatangani. Ibarat satu tepuk dapat dua lalat, maka jika ke Cilimus untuk berenang, sekalian saja mampir ke rumah Linggar Jati.

Desa Cilimus terletak di perut Gunung Cermai yang hijau dan dingin. Lembah dan bukitnya diselimuti kabut di ketinggian antara 400 m-700 m dari permukaan laut. Desa ini juga merupakan pintu gerbang bagi pendaki gunung yang ingin menaiki puncak Gunung Cermai.

Perjalanan ke sana melalui jalan mulus dengan rute berkelok-kelok melewati sawah yang luas kehijauan diselingi rumah penduduk khas pedesaan Jawa Barat. Penduduknya ramah dan terbuka terhadap pendatang yang menyambut ajakan ngobrol dengan logat Sunda yang kental.

Desa Cilimus dan tetangganya desa Linggar Jati adalah daerah yang tenang. Populasinya tidak padat, masih banyak hamparan sawah di sana-sini. Sebagai wilayah yang kerap didatangi pengunjung dari luar, penduduk desa menjadi terbuka dan ramah. Wilayah ini memang merupakan daerah tujuan wisata untuk wilayah Cirebon dan Kuningan.

Karena merupakan tujuan wisata, tidak heran sangat gampang dijumpai hotel kelas menengah atau kecil, dan losmen penginapan untuk pengunjung. Bahkan penduduknya banyak yang membuka rumah mereka untuk tempat menginap. Seperti tampak di jalan kecil menuju jalur pendakian ke Gunung Cermai, penduduk menjadikan rumah mereka untuk posko istirahat pendaki yang akan naik atau baru turun dari puncak gunung.

Selain rumah penduduk yang bisa dipakai menginap, di desa ini juga terdapat beberapa hotel yang lumayan besar untuk menginap sekeluarga. Di antaranya terletak di jalan utama Cilimus-Linggar Jati (setelah pasar), yakni Tirtasani, Grage Spa Hotel, dan Hotel Ayong.

Di Grage Spa, misalnya, Anda bisa mencoba berendam di kolam air panas alami yang disediakan. Spa hotel sangat bersih dan terawat apik, lengkap dengan satpam dan lapangan parkir yang luas. Mandi di kolam ini adalah salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Banyak fasilitas hotel menyediakan mata air panas alami tersebut. Namun jika tidak ingin menginap, pengunjung bisa mencari beberapa tempat pemandian umum mata air panas yang juga tersebar di desa ini.

Malam hari, desa Cilimus tidak sepenuhnya mati total seperti layaknya desa kecil. Di sini tersebar beberapa kafe dan diskotik kecil yang berkelap kelip dengan lampu temeramamnya. Uniknya, nampak ada diskotik yang terletak bersebelahan dengan sawah.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Mengunjungi Kampung Wisata Desa Cilimus Cirebon pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Kawasan Wisata Mandeh Resort Cubadak Paradiso. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda