Mengenal Kekayaan Aset Wisata Jawa Timur


Wisata Jawa Timur
Mengenal Kekayaan Aset Wisata Jawa Timur ---Provinsi Jawa Timur, termasuk pulau Madura, memiliki penduduk luas wilyah sekitar 48.000 km2. Jawa adalah suku yang terbesar di Jawa Timur, namun banyak juga orang Madura yang tinggal di daratan Jawa Timur. Sementara orang Tengger adalah masyarakat minoritas yang tinggal di daerah Pegunungan Bromo. Dan berikut ini adalah beberapa daerah di Jawa Timur yang memiliki kekayaan aset wisata yang menarik.

Surabaya
Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, dikenal sebagai Kota Pahlawan karena di kota inilah Surabaya dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Sebagai kota pelabuhan sejak zaman kerajaan Majapahit pelabuhan ini berkembang pesat menjadi bertaraf internasional.
Pelabuhan Kalimas Surabaya
Merupakan pelabuhan tertua di Surabaya masih ramai disinggahi perahu-perahu Bugis Phinisi.
Batu
Merupakan salah satu kawasan wisata pegunungan yang paling menarik di Jawa Timur yang terletak di lereng Gunung Arjuna, 15 km dari Malang ke arah timur laut, udaranya sejuk menyegarkan dan pemandangannya indah.
Selecta
Sebuah kawasan peristirahatan kecil yang terletak 5 km dari Batu. Di sini terdapat Pemandian Selecta, sebuah kolam renang yang besar yang dikelilingi taman. Lebih jauh lagi menanjak ke atas dari Selecta Anda akan menemukan Desa Sumber Brantas yang merupakan salah satu sumber air Sungai Brantas. Dari sini Anda dapat berjalan kaki sejauh 2 km ke Air Panas Cangar, mata air panas di gunung yang dikelilingi oleh hutan dan kabut.
Lawang
Terletak 18 km di utara Malang. Di sini Anda dapat berjalan-jalan atau bersepeda di perkebunan teh Kebun Wonosari yang memiliki kebun binatang mini dan lapangan tenis. Pihak pengelola menyediakan sepeda untuk disewa dan transportasi dari dan ke Malang.
Tretes
Terletak di sebuah bukit pada lereng Gunung Arjuna dan Welirang dengan ketinggian sekitar 800 meter dari atas permukaan laut. Tretes dikenal karena udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang bagus.
Pacitan
Kota kecil yang terletak di kawasan pantai selatan di dekat perbatasan dengan Jawa Tengah. Pacitan terletak di pinggir teluk yang berbentuk tapal kuda dan dikelilingi dengan bukit batu.
Gunung Bromo (2.392 m)
Gunung api yang terletak di tengah kawasan Pegunungan Tengger yang luas dan bersama-sama dengan beberapa gunung api lainnya membentuk suatu kawasan pegunungan api dengan pemandangan yang sangat mengagumkan dan spektakuler.

Gunung Bromo adalah gunung yang sangat dihormati masyarakat Tengger, penduduk asli yang tinggal selama ratusan tahun di kawasan ini. Bromo memiliki kawah terbesar di antara gunung api lainnya yang terdapat di pegunungan Tengger. Kawah ini menjadi pusat penghormatan masyarakat Tengger kepada gunung ini. Dari sekian banyak obyek wisata, Bromo merupakan salah satu tempat yang paling mengesankan di Indonesia.

Gunung Bromo sebenarnya berada pada sebuah kaldera yang merupakan lautan pasir lava yang luas dengan garis tengah sepanjang 10 km. Kaldera ini dulunya merupakan kawah dari gunung api Tengger tua.

Dari tengah kaldera ini kemudian muncul tiga gunung kecil dengan kawah baru yang sekarang disebut Gunung bromo. Dua gunung lainnya adalah Gunung Batok (2.440 m) dan Gunung Kursi (2.581 m). Ketiga kawah ini kemudian kerap disatukan namanya sebagai Gunung Bromo.

Lebih jauh ke selatan dari ketiga puncak kawah tadi terdapat Gunung Semeru (3.676 m) yang merupakan gunung tertinggi di Jawa dan juga gunung api yang aktif. Keseluruhan wilayah ini keemudian disatukan sebagai Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.
Pegunungan Tengger
Salah satu kawasan yang dinyatakan sebagai kawasan perlindungan alam resmi di Jawa Timur yang berpusat di kawasan sekitar puncak Bromo dan Semeru. Sebagian besaar kawasan di daerah ini memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter dari permukaan laut.
Wisata Pasir Putih
Di pantai utara Jawa, di kawasan yang terletak antara Probolinggo dan Banyuwangi terdapat objek wisata Pasir Putih yang merupakan kawasan wisata pantai paling populer di Jawa Timur. Pantai ini selalu ramai dikunjungi orang khususnya dari Surabaya pada setiap liburan akhir pekan. Pantai yang dihiasi oleh perahu nelayan ini cukup bagus untuk berenang. Nama “Pasir Putih” ini sebenarnya agak menyesatkan karena warna pasir di pantai ini tidak putih malah hitam keabu-abuan.
Jember
Merupakan kota yang dikelilingi berbagai kawasan perkebunan antara lain perkebunan kopi, cokelat, karet, kapas, dan perkebunan tembakau. Jember memiliki segala sarana yang diperlukan sebagaimana sebuah kota besar namun kota ini tidak terlalu ramai dengan suasana lalu lintas lancar.

Dari Jember wisatawan dapat merencanakan tur agrowisata ke berbagai perkebunan di sekitar Jember yang semuanya dikelola oleh PT Perkebunan XII. Paket wisata kebun yang ditawarkan terdiri satu hari dan paket menginap di perkebunan dengan akomodasi yang disediakan pihak perkebunan.
Taman Nasional Alas Purwo
Terletak di semananjung Blambangan di ujung tenggara pulau Jawa. Sarana wisata di tempat ini terbatas namun alamnya cukup indah yang merupakan kombinasi dari pantai, padang rumput, hutan bakau, dan hutan dataran rendah. Sekali-kali Anda juga dapat melihat hewan liar penghuni taman nasional seluas 43 ribu hektar ini karena lokasinya yang agak sulit dijangkau. Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo berarti hutan pertama. Menurut legendanya tempat inilah yang pertama kali muncul ke permukaan dari dalam laut.
Taman Nasional Baluran
Lokasinya sangat strategis, terletak di tepi jalan raya Surabaya-Banyuwangi. Mudah dijangkau, baik dari Bali maupun Surabaya. Wisatawan yang akan ke Bali dapat singgah di Baluran. Dari pelabuhan Ketapang Anda dapat mengambil bis jurusan Situbondo dan turun tepat didepan pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran.

Begitu masuk di kawasan Taman Nasional Baluran, wisatawan akan disambut oleh monyet berekor panjang yang tidak akan mengganggu jika tidak diusili. Taman Nasional Baluran memiliki 25.000 ha yang meliputi wilayah daratan (24 ribu hektare) dan perairan (1.287 hektare).
Pantai Camplong
Adalah salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di Madura. Terlebih di dekat kota Sampang yang dapat dicapai dengan kendaraan dari pelabuhan Kamal ke arah timur.

Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Pantai Camplong adalah pada saat matahari akan terbit atau senja hari yaitu pada saat perahu-perahu nelayan akan pergi berlayar menangkap ikan atau kembali dari laut. Jika udara cerah maka dari pantai Camplong ini akan terlihat pemandangan deretan pegunungan yang memanjang ke arah selatan.
Pamekasan
Merupakan ibu kota Madura yang terletak lebih kurang 100 km dari Madura ke arah timur. Pamekasan adalah kota yang tenang dan cukup menyenangkan, namun pada saat-saat tertentu setiap tahunnya khususnya pada Oktober, kota ini menjadi ramai dengan pesta karapan sapi tingkat final. Perlombaan pacuan sapi diadakan di dalam dan sekitar kota Pamekasan setiap hari Minggu dari akhir Juli hingga awal Oktober. Di Pamekasan ini juga terdapat produksi batik tulis yang berpusat di Jl. Jokotole 29 dan pusat kerajinan ukiran kayu yang letaknya di Karduluk, 35 km dari Pamekasan ke arah Timur.
Kota Sumenep
Kota yang terletak di bagian timur Pulau Madura merupakan kota paling menarik di Madura. Daya tarik utama kota ini berpusat di sekitar kraton, masjid dan pasar. Kota yang memiliki tempat-tempat bersejarah ini dianggap sebagai kota Madura yang masih “asli”. Sumenep juga memiliki pantai yang bagus letaknya tak jauh dari kota.
Pemakaman Air Mata
Berada di desa nelayan dengan perahu yang berwarna-warni menghiasi kawasan pantai utara Madura. Di dekat Arosbaya yang terletak 27 km dari Kamal ke arah utara terdapat makam keluarga kerajaan Cakraningrat dengan pemandangan yang menarik karena berlokasi di ujung sebuah ngarai yang mengarah ke sebuah sungai.
Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Kekayaan Aset Wisata Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Pesona Keindahan dan Kesejukan Objek Wisata di Majalengka pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda