Melihat Gunongan Bukti Cinta Sultan Iskandar Muda di Aceh


Gunongan Aceh
Melihat Gunongan Bukti Cinta Sultan Iskandar Muda di Aceh ---Banyak cara bagi pria untuk membuktikan cintanya kepada sang kekasih. Seperti yang dilakukan Sultan Iskandar Muda, Sultan Kerajaan Aceh di abad 17. Dia mempersembahkan Gunongan untuk istrinya.

Alkisah, permaisuri yang cantik jelita itu bernama Putri Phang yang berasal dari Kerajaan Pahang, Malaysia. Putri Phang sering merasa kesepian di tengah kesibukan suaminya sebagai kepala pemerintahan.

Dia selalu teringat kampung halamannya di Pahang. Sultan yang paham akan kegundahan istrinya itu pun langsung membangun sebuah gunung kecil yang disebut Gunongan untuk membahagiakan sang permaisuri. Gunongan dianggap sebagai miniatur bukit yang mengelilingi istana Putri Phang di Pahang.

Permaisuri pun bahagia setelah melihat Gunongan selesai dibangun. Setiap harinya, dia banyak menghabiskan waktu bersama dayang-dayang di sekitar Gunongan sambil memanjatinya.

Gunongan terletak di Jalan Teuku Umar berhadapan dengan lokasi perkuburan serdadu Belanda (Kherkoff). Bangunan ini didirikan pada masa Pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636).

Gunongan memiliki bangunan yang tidak besar. Ia bersegi enam, berbentuk seperti bunga dan bertingkat tiga dengan tingkat utamanya sebuah mahkota tiang yang berdiri tegak. Pada dindingnya ada sebuah pintu masuk berukuran rendah yang selalu dalam keadaan terkunci. Dari lorong pintu itu ada sebuah anak tangga menuju ke tingkat tiga Gunongan.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Gunongan Bukti Cinta Sultan Iskandar Muda di Aceh pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indoensia tentang Wisata Budaya di Kota Cirebon pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda