Berkunjung ke Objek Wisata Air Terjun Jantur Gemuruh Kaltim


Jantur Gemuruh
Berkunjung ke Objek Wisata Air Terjun Jantur Gemuruh Kaltim ---Air terjun memang selalu menjadi obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Air Terjun Jantur Gemuruh di Kalimantan Timur ini.

Air terjun ini terletak Kecamatan Sekolah Darat, Kutai Barat (Kubar) ini memiliki pemandangan dan karateristik tersendiri.

Selain berada di lingkungan hutan yang masih dijaga dari aksi penebangan, juga terhampar bebatuan berbagai ukuran besar tersusun rapi di sisi kanan dan kiri air terjun. Bebatuan ini memanjang sekitar 50 meter ke hilir air terjun. Aliran air begitu deras hingga terdengar bergemuruh.

Lokasi ini dulunya satu paket dengan objek wisata Cagar Alam Kersik Luway, yang terkenal anggrek hitamnya hingga ke mancanegara. Pengunjungnya tidak saja dari warga lokal maupun daerah lain di Indonesia. Turis asing dari Jerman, Belanda, Ingris dan sejumlah negara lainnya juga datang ke daerah yang mayoritas warganya subetnis Dayak Tunjung ini.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, sekarang tidak sulit lagi asalkan tidak hujan. Kalau 10 tahun lalu masih berupa jalan setapak, di era Bupati Ismael Thomas, sejak lima tahun lalu sudah dibangun badan jalan dengan lebar 3 meter dengan dihamparkan pasir dan batu.

Jaraknya dari pusat perkantoran Pemkab Kubar, sekitar 6 kilometer. Tapi jangan tersesat. Karena ketika masuk ke Kecamatan Sekolaq Darat ada dua simpangan jalan. Kalau ke kanan menjurus ke lokasi Cagar Alam Kersik Luway, sedangkan ke kiri Jantur Gemuruh. Pada akhir pekan, dua objek wisata ini bisa dijadikan tempat menghirup udara alam yang segar, bersama keluarga, atau kerabat.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Jantur Gemuruh Kalimantan Timur pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang 6 Objek Wisata Budaya Tana Toraja. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda