Tips Menginap di Perahu Klotok Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan


Tips Menginap di Perahu Klotok Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan ---Mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting dan menginap di klotok selama 3 hari 2 malam, bagi sebagian orang mungkin hal yang mudah, tapi tentu saja tidak semua orang terbiasa berada di hutan. Namun sebenarnya bukan juga hal yg cukup sulit bagi anda yang belum terbiasa.
Perahu Klotok Tanjung Puting
Ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda bila ingin Menginap di Klotok Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan untuk mendapatkan pengalaman petualangan baru Anda.
  1. Pastikan meminum obat malaria, ada baiknya konsultasi ke dokter untuk cara penggunaan.
  2. Kamera adalah hal wajib kedua, karena anda akan menemukan banyak hal menakjubkan sepanjang perjalanan. Dan juga siapkan batere cadangan, karena ada kemungkinan generator di klotok rusak sehingga tidak memungkinkan untuk mengisi ulang batere barang elektronik anda.
  3. Jangan lupakan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk ganas,serta untuk mengusir pacet yang kemungkinan akan menghinggapi kaki anda.
  4. Jangan tinggalkan jaket anda. Karena angin selama berjam-jam diatas kelotok bisa membuat anda sakit.
  5. Bawa sepatu anda. Perjalanan menuju Camp Lakey sekitar 1,5 km, Tanjung Harapan 1 km, dan Pondok Tangguy 1 km, dan ada beberapa bagian hutan yang sangat becek.
  6. Bawa air minum,handuk kecil untuk mengelap keringat yang juga bisa digunakan saat mandi di klotok.
  7. Usahakan anda hanya berjalan melenggang membawa kamera saat menuju Camp Lakey, tinggal barang berharga seperti backpack,tas maupun telpon genggam anda diatas klotok (di Camp Lakey anda tidak akan mendapat sinyal sama sekali), karena jika kebetulan anda berdekatan dengan orangutan, mereka akan tertarik dengan tas maupun kantong celana anda untuk mencari makanan.
  8. Jangan tinggalkan senter anda, saat malam hari sangat dibutuhkan di klotok.
  9. Jas hujan,topi dan sunblock untuk menghindari hujan dan panas serta terbakar matahari.
  10. Pastikan selalu membawa kantong plastik untuk membuang sampah anda.
  11. Jika anda ingin lebih aman untuk terhindar dari gigitan nyamuk dan dinginnya angin, siapkan celana panjang, baju lengan panjang,kaos kaki,sarung tangan, dan sarung.
  12. Bawa obat-obatan seperti plester, minyak angin, dan obat lainnya yang mungkin anda butuhkan.
  13. Dan pastinya, selalu ikuti arahan dan petunjuk dari guide anda, karena mereka yang mengetahui secara detail kondisi di Taman Nasional Tanjung Puting.
Semoga dengan semua persiapan diatas, anda dapat menikmati pesona Taman Nasional Tanjung Puting dengan lebih aman dan menyenangkan. Selamat berpetualang di dunia keajaiban Tanjung Puting.

Demikianlah Artikel Tips Travel dan Wisata tentang Tips Menginap di Perahu Klotok Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Tips Travel sebelumnya tentang Tips bagi yang baru pertama naik pesawat. Semoga berguna dan bisa menjadi referensi wisata Anda!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda