Menikmati Liburan Sambil Melakukan Penghijauan di Pulau Umang


Menikmati Liburan Sambil Melakukan Penghijauan di Pulau Umang ---Pulau Umang siap menjadi tempat yang menjanjikan banyak hal menarik untuk berlibur, mulai pemandangan alam yang indah hingga petualangan alam liar yang mendebarkan. Setibanya di pulau ini, Anda langsung disuguhkan keindahan pasir putih dan birunya laut. Kepenatan berkendara 5 jam dari Jakarta seolah sirna.
Menikmati Pulau Umang
Pulau umang terletak di selatan Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten. Perjalanan menuju pulau tidaklah sulit. Dengan perahu motor, Pulau Umang dapat ditempuh dalam 5 menit dari ujung terdekat Pulau Jawa.

Selain pemandangan indah, Pulau Umang juga menyediakan sejumlah resor atau vila untuk tempat bermalam. Setiap vila memiliki dua ruangan sama besar yang dihubungkan oleh sebuah pintu. Selain memiliki ruang tidur dan ruang tamu, vila juga dilengkapi kamar mandi ala pedesaan yang dilengkapi dengan hiasan dari tanah liat untuk memperkuat kesan alami pulau seluas 5 hektar ini. Pada lantai atas terdapat tempat tidur yang sangat romantis dengan bagian atas dari kaca sehingga kita dapat memandang bintang pada malam hari.
“Kami mempunyai kelebihan daripada pulau lain. Walaupun hanya mempunyai 60 kamar, tapi semuanya menghadap laut,” Kata Dian Agustine Nuriman, Relationship Manager Pulau Umang.
Fasilitas yang disediakan dapat membuat siapa pun yang berkunjung merasa nyaman. Untuk Anda yang gemar menikmati keindahan pemandangan alam, dapat berjalan-jalan mengitari pulau, baik berjalan kaki maupun dengan perahu. Sementara bagi Anda yang gemar berpetualang, pengelola pulau menyediakan sejumlah peralatan olahraga air, seperti jet ski, banana boat, dan snorkeling. Dan bagi Anda yang hobi berenang, pengelola juga menyediakan kolam renang yang berbatasan dengan pantai. Setelah puas berenang, Anda dapat menikmati pijatan gelembung air dalam sebuah jacuzzi. Masih belum puas, Anda masih bisa bersantai sambil menikmati paket spa di sekitar pantai, yakni pijat dengan aromaterapi.

Aneka ikan bagi pencinta olahraga memancing, perairan di pulau ini memiliki beragam aneka ikan. Di dekat dermaga, Anda dapat melihat ikan yang berkelompok. Sedangkan bagi anak-anak, pengelola menyediakan arena bermain, seperti ayunan, trombolin, dan permainan lainnya.
"Kalau hanya menginap di pulau, pengalaman yang didapat tidak akan terlalu berkesan. Makanya, kami membuat program atau paket wisata air dan outbond bagi pengunjung Pulau Umang," jelas wanita berparas cantik ini.
“Ada satu program dimana para pelancong bakal dilibatkan dalam program penghijauan bertajuk ‘Ayo, Tanam Sejuta Pohon’ yang merupakan prakarsa dari mantan Menteri Pariwisata, Marzuki Usman,” ingatnya.
Kegiatan go green ini, tutur Dian, terorganisir melalui sebuah wadah bernama Ujung Kulon Conservation Society (UCS),yang berdiri sejak 2005.
"Sudah menjadi komitmen kami untuk melakukan program berkelanjutan berupa pelestarian alam. Selama ini kita selalu memanfaatkan alam, sementara yang kita lakukan untuk alam masih sangat minim. Makanya, Pulau Umang mengagendakan kegiatan ini, kegiatan pelestarian alam yang dikemas dalam bentuk menyenangkan," ungkapnya.
Terdapat lahan seluas 40 hektar lebih yang siap ditanami aneka jenis tanaman di Pulau Umang dan sekitarnya. Sebagian besar lahan berada di tiga kawasan perbukitan, yang semuanya merupakan milik pengelola Pulau Umang.
"Kami ikut mendorong para petani di sekitar Kecamatan Sumur untuk bercocok tanam di sini. Di samping tanaman keras, kami juga menanam pohon buah, seperti mangga, jambu, dan durian," imbuhnya.
Di Pulau Umang sendiri, Dian dan timnya sudah menanam sebanyak 20 pohon mangga, dan semuanya tumbuh dengan baik. Padahal, Umang merupakan pulau berpasir yang umumnya sulit ditumbuhi tanaman, kecuali yang berjenis tumbuhan pantai.

Anda juga dapat bersantai di gazebo yang terdapat di depan tiap-tiap suites tempat Anda menginap dan berada tepat di pantai. Sungguh, tempat yang ideal untuk menikmati sunrise atau sunset.

Saat makan malam, suasana romantis bisa Anda dapatkan bila ingin makan di tepi pantai sambil mendengar suara ombak. Atau bisa juga di dalam kafe sambil mendengarkan alunan lagu yang dilantunkan penyanyi.

Puas menikmati Pulau Umang, pengelola menyediakan sejumlah suvenir yang bisa dijadikan buah tangan. Sejumlah toko menjual berbagai suvenir berupa kaus atau topi berlogo Pulau Umang. Ada juga pajangan dari kerang dan gantungan kunci. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat dan tidak menguras kantong.

Demikianlah Arsip Artikel Travel Indonesia tentang Menikmati Liburan Sambil Melakukan Penghijauan di Pulau Umang pada kesempatan kali ini. Baca juga arsip travel sebelumnya tentang Menikmati Objek Wisata Wahana Air Yang Paling Indah di Indonesia. Cintai objek wisata Indonesia!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda