Menikmati Hamparan Pasir Putih Terpanjang di Pantai Ngurbloat Maluku


Menikmati Hamparan Pasir Putih Terpanjang di Pantai Ngurbloat Maluku ---Liburan ke Maluku tanpa menyambangi Pantai Ngurbloat rasanya kurang lengkap. Keistimewaan Pantai Ngurbloat Maluku adalah pasir pantainya. Karena itulah, pantai ini juga disebut pantai pasir panjang.
Pantai Ngurbloat Maluku
Selain bentangan pasir pantai sangat luas, warna pasir pantai Ngurbloat putih cerah dan sangat lembut. Kondisi itulah yang membedakan Ngurbloat dengan pantai lainnya.

Sebagai salah satu pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara adalah Pantai Ngurbloat, artinya Pantai Pasir Panjang. Pantai Ngurbloat terletak di Desa Ngilngof di bagian barat Pulau Kei Kecil. Sesuai dengan sebutannya, pantai pasir putih ini memanjang hingga tiga kilometer.

Dalam kondisi mendung pun, pasir pantai tetap terlihat berkilau dan cukup menyilaukan mata. Kelembutan pasir yang ada di Pantai Ngurbloat diyakini masyarakat hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung.

Saat memasuki areal pantai yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya Desa Ngilngof, para wisatawan akan disambut oleh lambaian pohon kelapa yang menjulang tinggi. Namun, hati–hati saat menapaki jalan pantai, terutama bila musim hujan. Jalan masuk menuju pantai yang terbuat dari batu karang sangat licin.

Hamparan luas pasir putih di Ngurbloat itu sangat menyenangkan bagi mereka yang senang berjalan–jalan dan bermain di pinggir pantai. Bagi yang hobi berolahraga, Ngurbloat cocok untuk tempat bermain voli pantai, sepak bola, atau lari pagi.

Pengunjung yang berolahraga tidak perlu khawatir akan berdesak–desakan dengan wisatawan lainnya.

Bagi wisatawan yang membawa anak balita, jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Butiran pasir pantai yang halus menjadikan kulit terasa nyaman saat bersentuhan dengannya.

Di kawasan itu juga orang bisa berenang. Lokasinya cukup aman dan luas karena Pantai Ngurbloat landai. Pulau–pulau kecil yang terletak berhadapan dengan pantai itu membuat ombak laut di pantai tersebut tidak terlalu besar dan arusnya pun tidak terlalu kuat.

Pantai Ngurbloat tidak hanya berair jernih, tetapi juga relatif bersih dari sampah dan limbah. Hanya sedikit sampah organik dari rumput laut yang terlihat tercecer di beberapa tempat.

Untuk turis yang lelah beraktivitas di pantai atau sengaja ingin bermalas–malasan sambil menikmati panorama tersedia sejumlah pondok tempat menjual makanan dan minuman maupun tempat peristirahatan tersedia di tepi pantai. Bersantai di bawah rindang pepohonan terasa sangat menyenangkan. Apalagi udara terasa segar dan suasana begitu tenang.

Sejumlah tempat untuk bermain ayunan pun ditempatkan di antara ranting–ranting pohon sehingga sangat nyaman digunakan untuk tidur–tiduran di alam terbuka atau membaca buku.

Sejumlah kamar di beberapa penginapan di sekitar situ disediakan untuk wisatawan yang ingin bermalam di tepi pantai. Penginapan–penginapan tersebut umumnya berupa rumah panggung ala tropis yang terbuat dari kayu.

Namun sayang, banyak sampah dari botol dan gelas plastik bekas minuman tertumpuk di pinggiran pantai.

Pantai Ngurbloat yang terletak di pesisir barat Pulau Kei Kecil berjarak sekitar 20 kilometer dari Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Daerah itu dapat dicapai dengan menggunakan mobil sewaan ataupun angkutan umum yang berpangkalan di Pasar Ohoijang, Langgur. Perjalanan dari Tual ke Pantai Ngurbloat ditempuh sekitar satu jam.

Sepanjang perjalanan pemandangan yang banyak terlihat adalah hamparan semak belukar. Terdapat sejumlah perkampungan kecil yang letaknya terpencar–pencar di antara hamparan padang belukar.

Tanah di Pulau Kei Kecil yang berupa batu karang menyebabkan hanya tanaman jenis tertentu yang dapat tumbuh di sana. Jarang sekali ditemukan pohon–pohon besar dan rimbun.

Untuk ke Maluku Tenggara sendiri, wisatawan dapat menggunakan pesawat terbang ataupun kapal laut dari Ambon. Perjalanan dari Bandar Udara Pattimura, Ambon, menuju Bandar Udara Dumatubun di Langgur ditempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan pesawat berbadan kecil.

Hampir setiap hari terdapat penerbangan dari Ambon menuju Langgur dengan maskapai yang berbeda–beda.

Bagi yang gemar menggunakan angkutan laut, perjalanan dapat dilakukan dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, menuju Pelabuhan Tual. Perjalanan ini berlangsung sekitar 18 jam dengan menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni. Waktu tempuh tersebut termasuk singgah sekitar dua jam di Pelabuhan Banda Naira. Namun, perjalanan laut ini biasanya hanya satu kali dalam satu minggu.

Selain Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara, juga memiliki sejumlah obyek wisata pantai lain. Di Pulau Dullah terdapat Pantai Difur dan Pantai Nam Indah yang dirindangi aneka pepohonan. Di Pulau Kei Kecil terdapat Pantai Ngursamadan di Desa Ohoililir, Pantai Disuk, dan Pantai Nadiun Ohoidertawun. Ciri utama dari pantai–pantai itu airnya yang amat jernih dan sekitar pantai teduh oleh rimbunnya pepohonan.

Di Pulau Kei Besar juga ada Pantai Walar yang lokasinya antara Desa Ohoiwait dan Desa Ohoiel, serta Pantai Udar di Desa Tamngil Nuhuten. Ada juga Pulau Kelapa dan Taman Sos yang memiliki panorama pantai yang memesona dan batu karang indah.

Wisatawan yang berkunjung ke Maluku Tenggara sebaiknya tak lupa menikmati makanan khas Bumi Larvur Ngabal berupa aneka jenis ikan, kerang, dan siput. Ukuran ikan–ikan yang dihidangkan umumnya cukup besar sehingga sangat lezat dinikmati bersama keluarga, teman, ataupun rekanan.

Hidangan lain yang berasal dari laut adalah lat, yaitu sejenis salad yang terbuat dari berbagai jenis rumput laut. Makanan khas ini sulit ditemukan di luar Maluku Tenggara. Warnanya yang hijau segar membuat mata tergoda untuk mencicipinya.

Sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman, Maluku Tenggara memiliki kacang botol. Sesuai dengan namanya, kacang botol adalah kacang dalam aneka rasa yang dijual dalam botol–botol kaca. Camilan itu banyak dijual para pedagang keturunan Arab di sekitar Pasar Tual.

Jika botol–botol tersebut dianggap terlalu berat dan merepotkan untuk dibawa, para pembeli dapat meminta agar kacang tersebut dimasukkan dalam kantong plastik. Tentu saja ciri khas sebagai kacang botol menjadi hilang.

Bagi penggemar perhiasan, Maluku Tenggara merupakan pusat mutiara. Berbagai perhiasan, mulai dari cincin hingga anting–anting yang dilengkapi mutiara, dijual di toko–toko cenderamata di Tual.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Hamparan Pasir Putih Terpanjang di Pantai Ngurbloat Maluku pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Wisata Sejarah Kerajaan Majapahit di Situs Trowulan Mojokerto pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda