Pesona Objek Wisata Air Telaga Ngipik Gresik


Telaga Ngipik Gresik
Pesona Objek Wisata Air Telaga Ngipik Gresik ---Objek Wisata air di Gresik memang memiliki keunikan tersendiri. Tidak percaya, coba saja sambangi pesona Telaga Ngipik. Jika berkunjung ke sana, Anda dapat menikmati segar aroma air, kala wajah didekatkan ke permukaan telaga. Menatap biru warna air yang mempunyai kedalaman hingga 20 meter, menambah segar rasa di jiwa.

Awal terjadinya Telaga Ngipik, menurut informasi masyarakat sekitar, dulu lahan tersebut digunakan oleh PT Semen Gresik sebagai lokasi penambangan bahan baku tanah liat, sejalan dengan waktu setelah ekplorasi selesai, kemudian terisi air hujan, yang lama kelamaan membentuk Telaga.

Lokasi Taman Wisata Giri Wana Tirta atau Telaga Ngipik relatif berada di tengah kota Gresik, jadi sudah tentu sangat mudah dijangkau. Sedikit catatan akan lebih nyaman jika anda membawa kendaraan pribadi. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang menggunakan kendaraan umum.

Lokasi tepatnya berada di sekitar kawasan pabrik pupuk Petrokimia, di Kecamatan Kebomas, desa Ngipik, sekitar 1000 meter dari alun alun kota Gresik. Untuk sampai ke kawasan tersebut dari Surabaya dapat ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi, tepatnya berada di ruas jalan raya Surabaya Lamongan Bila anda melalui jalan TOL, keluar di exit RomoKalisari, terus masuk ke arah kota Gresik, dari jalan kartini lurus ke arah barat, sampai anda menjumpai tugu Petrokimia Gresik. Belok kanan lurus sejauh 300 meter hingga anda menjumpai pintu gerbang Telaga Ngipik di sebelah kiri jalan, dengan rancangan gapura dua pintu yang khas.

Di kawasan telaga ngipik, saat ini sudah ada beberapa gazebo istirahat dan beberapa stan penjual makanan minuman serta suvenir. Namun, masih banyak yang kosong dan tak berpenghuni. Mungkin karena utilitas air bersih dan listrik yang belum rampung disediakan oleh pihak pengelola, menyebabkan belum banyak pemilik yang menempati stannya.

Pengunjung yang akan masuk ke areal Telaga, akan dikenai retribusi masuk sebesar Rp. 1000 per orang. Selanjutnya apabila di lokasi anda ingin menikmati keliling telaga dengan speed boat, maka akan dikenai karcis Rp. 2500 per orang. Selain itu, disediakan pula sepeda air yang bisa digunakan sewaktu-waktu di areal yang sudah ditentukan oleh pengelola. Biayanya hanya Rp 3.000 selama satu jam.Jika anda hobi mancing, jangan lupa bawa peralatan mancing sebelum anda menyesal, anda bisa memancing di areal telaga yang telah dipasangi jaring. Memang oleh pengelola setempat sengaja ditebar sejumlah ikan tombro dan bandeng, dengan harga yang cukup terjangkau perkilo masing masing jenis ikan yang anda pancing, bisa dibawa pulang, untuk anda nikmati bersantap dengan keluarga.

Bukan hal yang salah jika wisata air dibalik rimbun pabrik ini bisa kita rasakan riak air datar, sesekali kecipaknya timbul akibat gerak ikan yang berlarian, sementara di sudut telaga, sejumlah pengunjung sibuk memancing ditepian, dan sisi lain peSKI air beratraksi di tengah telaga.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Pesona Objek Wisata Air Telaga Ngipik Gresik pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Perahu Phinisi Bugis pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda