Objek Wisata Eksotis Pulau Beras Basah Kalimantan


Pulau Beras Basah
Objek Wisata Eksotis Pulau Beras Basah Kalimantan --- Mendengar kata beras pasti yang terlintas dalam pikiran anda adalah bagian butir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Berbeda dengan ini, Pulau Beras Basah adalah sebuah pulau kecil di sebelah selatan Kota Bontang, kota yang penduduk aslinya adalah orang Kutai dan sebagian besar penduduknya pendatang dari Jawa dan sulawesi. Pulau Beras Basah berjarak sekitar 7 km dari Kota bontang, Kalimantan Timur.

Dinamakan Pulau Beras Basah karena dulunya ada kapal besar yang membawa beras dari Sulawesi. Dalam perjalanannya, kapal ini diterjang ombak besar. Khawatir tenggelam, muatan pun diturunkan di pulau ini. Beras pun menjadi basah oleh siraman ombak, sehingga sejak itu disebut Pulau Beras Basah.

Pulau kecil dengan pantai pasir putih ini merupakan tempat rekreasi yang menarik sambil menikmati panorama laut selat makassar. Selain kejernihan air laut pantai Beras basah, keunikan lain dari Pulau ini adalah terdapat mercu suar laut yang digunakan untuk panduan navigasi kapal ferry. Dari pulau ini juga terlihat kawasan industri LNG milik PT. Badak yang berada di pinggir laut.

Bukan hanya itu saja, para pengunjung Pulau Beras Basah juga bisa melakukan snorkling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di wilayah itu. Pulau beras basah juga berdekatan dengan Pulau menarik lainya seperti Pulau Segajah, Pulau yang muncul saat air laut surut dan kemudian tenggelam saat air pasang. Beras basah juga berdekatan dengan Perkampungan nelayan yaitu selangan. di situ terdapat banyak keramba ikan. Anda bisa membeli ikan dan membakarnya di situ.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Eksotis Pulau Beras Basah Kalimantan pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Sajian Wisata Eksotis Provinsi Papua pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda