Menikmati Pemandangan Kota Bogor dari Masjid At Ta’awun Puncak


Masjid At Ta’awun Puncak
Menikmati Pemandangan Kota Bogor dari Masjid At Ta’awun Puncak ---Keindahan sebuah kota bisa dinikmati dari mana saja. Salah satunya adalah pemandangan kota Bogor. Bagi Anda penggemar jagung bakar plus udara segar dengan pemandangan Kota Bogor dari ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, lokasi wisata Masjid At Ta’awun bisa menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan.

Berlokasi di Jalan Raya Puncak, masjid dengan arsitektur dominan bentuk jamur ini seolah tak pernah sepi dari pengunjung. Terutama pada sore, malam, bahkan hingga dini hari. Kemegahan masjid ini tampak jelas dari kejauhan, karena letaknya yang tinggi, di antara pegunungan.

Arsitektur masjid pun tampak unik dan kokoh. Interior dalam masjid berlantai dua ini juga terlihat luas dan indah, dindingnya didominasi kaca tembus pandang. Bila berada di dalam masjid, kita bisa melihat pemandangan luar, tampak hamparan kebun teh yang luas. Sedangkan kalau kita melihat dari luar, kubah masjid terlihat menyerupai jamur, arsitektur kubah yang menyerupai jamur ini melambangkan makna mengayomi.

Namun bukan wisata religi yang menjadi andalan tampat ini. Melainkan hamparan kebun teh serta kerlap kerlip lampu Kota Bogor. Ya, Masjid At Ta’awun seolah memadukan urusan ukhrawi dan duniawi. Keteduhan hati usai beribadah di masjid langsung dilengkapi dengan keindahan ciptaan Ilahi.

Wisata kuliner di pelataran masjid dengan luas mencapai hampir satu hektare juga menjadi tawaran lain bagi wisatawan yang mampir. Jajaran pedagang jagung bakar, ubi, pernik kerajinan tangan, serta makanan khas Bogor seolah berlomba menawarkan dagangannya.

Tak perlu keluar kocek banyak untuk menikmati hamparan kebun teh serta pemandangan Kota Bogor dari Masjid At Ta’awun. Pasalnya pengunjung tak perlu membayar tiket masuk. Pihak pengelola hanya memungut retribusi parkir. Harga makanan, minuman, dan pernak-pernik yang dijual pun cukup terjangkau. Satu jagung bakar dengan pilihan berbagai rasa hanya dibanderol Rp5.000, bakso Rp10.000, ubi Cilembu matang per kilogram Rp10.000, dan Moci Rp30.000 untuk empat renteng.

Salah seorang pengunjung, Ki Bisri Sastrowilogo, mengaku sudah dua kali datang ke masjid ini. Dia mengaku ketagihan datang kembali ke tempat ini karena faktor pemandangan alam serta kuliner yang tersedia. “Sekalian istirahat sejenak, salat di masjid, dan makan jagung muda,” ungkapnya kepada okezone di pelataran Masjid At Ta’awun, Bogor, Jawa Barat.

Pengusaha travel di Jakarta ini mengaku cukup kagum dengan arsitektur masjid yang dominan dengan nuansa jamur. Pilihan lantai dari kayu juga cukup bijaksana, untuk menghalau udara dingin yang setiap hari menyelimuti areal masjid. Sehingga membuat jamaah betah duduk berlama-lama tanpa khawatir kedinginan.

Pemandangan di sekeliling masjid juga bisa dinikmati. Di utara masjid terdapat sungai khas pegunungan dengan aliran cukup deras dan air yang jernih. Dua kolam ikan pun seolah menjadi pelengkap. Sementara di sisi selatan, setelah menuruni 40 anak tangga, terhampar ‘pasar’ kuliner. Adapun kerlap kerlip Kota Bogor plus lalu lalang mobil di jalan yang menanjak dan berkelok, bisa dilihat di arah barat.

Pemandangan ini bisa dinikmati dengan nyaman dari taman di sisi selatan masjid atau di bangku-bangku yang telah disediakan para pedagang.

Melimpahnya pemandangan indah juga menjadi daya tarik lain, bagi para penggemar fotografi. Di sela menikmati pemandangan alam, acapkali pengunjung silih berganti berpose dan mengabadikan momen tersebut di sekitar areal masjid.

Tak heran masjid ini selalu ramai disambangi para pengunjung baik dari arah Bandung atau Cianjur maupun dari arah Bogor atau Jakarta. Masjid At Ta’awun sepertinya tak sekedar untuk ibadah salat namun kerap pula dijadikan meeting point bagi para wisatawan. Untuk sampai ke lokasi pun cukup mudah, bila naik kendaraan umum, bisa menggunakan bus jurusan Cianjur dari Terminal Kampung Rambutan.

Setelah sepekan berkutat dengan kesibukan dan hiruk pikuk ibu kota, jagung bakar Masjid At Ta’awun serta udara segarnya tentu akan terus menggoda. Memanjakan lidah, menenangkan jiwa, serta mata dengan cara murah meriah.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Pemandangan Kota Bogor dari Masjid At Ta’awun Puncak pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Keindahan Objek Wisata Pulau Tanimbar Maluku pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda