Kemeriahan di Ajang Pesta Kesenian Bali 2013


Pesta Kesenian Bali 2013
Kemeriahan di Ajang Pesta Kesenian Bali 2013 ---Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan ajang tahunan yang selalu di selenggarakan sebagai tempat untuk menampilkan pementasan seni dan budaya, pameran berbagai kerajinan tangan, seni lukis, serta seni patung. Pada tahun 2013 ini, Pesta Kesenian Bali sudah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya. Dan pada tahun ini, Pesta Kesenian Bali 2013 yang di buka pada Sabtu 15 Jnuni 2013 ini, digelar di seputaran jalan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar.

Pesta Kesenian Bali 2013 ini mengambil tema "Taksu", diharapkan bisa membangkitkan daya kreatifitas dan jati diri dan diikuti oleh duta kesenian dari seluruh kabupaten/kota di Bali, Sumenep (Jawa Timur), Lampung Barat, Papua dan Timor Leste. Taksu mendorong keserasian antara bhuana agung (alam makro) dan bhuana alit (alam mikro).

Pesta Kesenian Bali 2013 di awali dengan Pawai budaya dimulai sekitar pukul 14.00 WITA dengan penampilan tarian Siwa Natyaraja yang berarti sinar suci Ciwa (Tuhan) sebagai raja dirajanya seni. Dengan gerakan tangan gaibnya, menari di atas Nandi wahana kecintaannya, Ciwa melahirkan ritme dan keharmonisan di alam makro dan mikro.

Setiap peserta berhenti sejenak di depan panggung Presiden SBY yang membuka Pesta Kesenian Bali 2013, dan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang mengenakan pakaian tradisional Bali sebelum melanjutkan pawai di rute yang ditetapkan.

Presiden SBY membuka Pesta Kesenian Bali 2013 yang hajatan tahunan masyarakat Bali ini didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Ribuan masyarakat Bali maupun wisatawan lokal dan asing tampak memadati jalan-jalan yang dilalui iring-iringan untuk mengabadikan kemeriahan dan keindahan tersebut.

Salah satu penampilan istimewa yang memperoleh sambutan meriah adalah penampilan duta wisata Papua yang menarikan tarian tradisional mereka dalam balutan pakaian tradisional sambil membawa enam bendera merah putih raksasa.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Kemeriahan di Ajang Pesta Kesenian Bali 2013 pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Wisata Sejarah di Prasasti Ciaruteun Bogor pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda