Wisata Hayati Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Gunung Halimun Salak
Wisata Hayati Taman Nasional Gunung Halimun Salak ---Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah hutan dataran rendah terbesar di Jawa yang masih tersisa sampai saat ini. Taman ini merupakan rumah bagi 23 spesies mamalia, setidaknya dua di antaranya adalah endemik dan terancam punah (Siamang dan lutung beruban).

Seluas 113,000 hektar ini sementara terdapat lebih dari 500 spesies tumbuhan, yang tergolong ke dalam 266 generasi dan 93 suku dan juga sarang bagi 200 spesies burung. Adat Kasepuhan dan masyarakat Sunda lainnya masih tinggal di sekitar taman ini dan sangat bergantung pada sumber daya alamnya.

Kekayaan hayati kawasan taman nasional ini telah lama menarik perhatian para peneliti, dalam dan luar negeri. Banyak catatan telah dibuat, terutama setelah status kawasan ditingkatkan menjadi taman nasional, dan banyak pula yang telah diterbitkan, khususnya semasa masih bernama TN Gunung Halimun.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di taman ini sambil memanjakan mata dengan menyaksikan primata langka, burung, atau atraksi hutan lainnya, dan bersantai di air terjun yang menjulang tinggi.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Wisata Hayati Taman Nasional Gunung Halimun Salak pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Keindahan Wisata Negeri Takengon Aceh. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda