Wisata Edukasi di Museum Zoologi Bogor


Museum Zoologi Bogor
Wisata Edukasi di Museum Zoologi Bogor ---Anda ingin mengajak buah hati tercinta berkunjung ke kota hujan Bogor? Jika ya, jangan lewatkan untuk bertandang ke Museum Zoologi, Bogor.

Sesuai dengan namanya, museum yang terletak di Jalan Ir H Juanda No 9 ini merupakan museum yang berkaitan dengan dunia satwa. Museum ini memiliki koleksi beraneka ragam fauna yang diawetkan.

Aneka warna warni fauna ini terdiam mematung di dalam museum dengan keindahan mereka masing-masing. Pengawetan fauna ini dimaksudkan bagi pendidikan dan pengetahuan. Pada awalnya museum ini didirikan sebagai Laboratorium Zoologi untuk memberi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan binatang hama.

Menurut goresan tinta sejarah, museum ini berdiri atas gagasan dari seorang ahli botani bernama Dr JC Koningsberger yang sedang berkunjung ke Bogor, Agustus 1894 dan pada tahun yang sama, museum ini mulai dibangun dan selesai pada tahun 1901 dan diberi nama Landbouw Zoologisch Museum.

Namun karena satu dan lain hal, terutama alasan pergolakan politik dunia selama masa pendudukan Jepang di Indonesia, museum ini sempat berganti nama beberapa kali. Pada 1945-1947 museum ini menyandang nama Museum Zoologicum Bogoriense, dan hingga kini nama tersebut terus digunakan, kemudian sering disebut sebagai Museum Zoologi Bogor.

Anda akan berdecak kagum dengan koleksi jutaan spesimen yang terdiri dari puluhan ribu jenis fauna dari berbagai jenis. Di antaranya 650 jenis binatang mamalia (menyusui), 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, moluska yang terdiri dari 2300 jenis, 10 ribu jenis serangga, serta 700 jenis invertebrate lainnya.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Wisata Edukasi di Museum Zoologi Bogor pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Objek Wisata Pasar Terapung di Muara Kuin Banjarmasin. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda