Objek Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu Ciwidey Bandung


Pemandian Air Panas Cimanggu
Objek Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu Ciwidey Bandung ---Travelling ke Ciwidey kurang lengkap jika tidak singgah di Cimanggu, sebuah tempat pemandaian air panas. Setelah berwisata di seputar Ciwidey dengan berbagai tempat menariknya, terasa nikmat membasuh badan dengan air panas alami untuk menghilangkan pegal-pegal badan di Pemandian Air Panas Cimanggu.

Cimanggu merupakan salah satu tempat wisata di daerah Ciwidey yang terletak satu jalur dengan tempat wisata lainnya di daerah tersebut seperti Kawah Ratu, Situ Patengan, Ranca Upas dan Kebun Teh Wallini. Jika kita ke Situ Patengan otomatis lewat Cimanggu, dan kita bisa mampir kalau memang mau mengalokasikan waktu untuk kesana. Tempat wisata di daerah Ciwidey, mandi air panas yang mengandung belerang di Cimanggu mungkin dapat mengurangi rasa pegal.

Terletak pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan air laut, Cimanggu dengan luas 154 Ha termasuk dalam wilayah Desa Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dengan latar belakang bukit yang hijau dengan topografi relatif datar dan sedikit bergelombang, akan memudahkan kita untuk berjalan-jalan.

Beberapa flora yang terdapat di Cimanggu adalah : Rasamala, Pinus, Eukaliptus, kecubung dan lain-lain. Kita bisa memilih mau berjalan-jalan dulu, mengitari tempat ini, atau mandi air panas dahulu.

Barangkali kalau mandi air panas dulu terasa enak, karena tubuh kita akan lebih segar. Kolam air panas terdapat beberapa jenis, ada yang untuk umum, berbentuk seperti kolam renang biasa, bedanya air di kolam Cimanggu adalah air panas yang bersumber langsung dari Gunung Patuha. Kita juga bisa memilih kamar VIP ( dimana per kamar hanya dikenakan tarif Rp 5,000,- per 15 menit ) untuk bisa lebih menikmati hawa hangat dengan tenang di kamar tertutup.Di kamar VIP ini tersedia bak mandi untuk berendam, jadi kita bisa bermanja-manja dengan tubuh kita.

Sarana prasarana yang tersedia di kawasan ini yang dapat mendukung wisata anda adalah, selain kolam air panas, juga terdapat MCK, musholla, pesanggrahan untuk menginap yang disewakan, tempat bermain anak, pusat informasi, shelter, lokasi parkir yang cukup luas dan warung-warung yang menjual makanan atau minuman.

Terlihat di beberapa pojok taman yang ada, kebersihan kurang terjaga, banyak rumput liar yang tumbuh dan terkesan tidak terawat. Harusnya pihak pengelola menyadari pentingnya menjaga kebersihan, karena strategisnya lokasi tempat ini dan bisa menjadi alernatif terakhir para wisatawan selama berkunjung di Ciwidey.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu Ciwidey Bandung pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Ayunan Mappere Bone pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda