Objek Wisata Lahar dan Volcano di Sleman Yogyakarta


Lahar dan Volcano Yogyakarta
Objek Wisata Lahar dan Volcano di Sleman Yogyakarta ---Geliat pariwisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), makin hari makin menggeliat. Banyak aktivitas digagas Dinas Pariwisata setempat untuk mengembalikan minat wisatawan yang sebelumnya bertanya-tanya tentang keamanan wisata di Kabupaten Sleman, pascaerupsi Gunung Merapi akhir tahun 2010 silam.

Jika kita lihat, saat ini geliat pariwisata di lereng Gunung Berapi teraktif di dunia ini makin diminati. Meski belum pulih sepenuhnya, namun tingkat kunjungan wisatawan berangsur-angsur menunjukkan trend kenaikan.

Jika ingin menikmati wisata di lereng Gunung Merapi, terdapat banyak sekali pilihan. Pilihan pertama pasti Anda tidak akan melewatkan untuk mengunjungi obyek wisata utama di Kaliurang. Di sana ada Tlogo Putri. Kondisi air terjun Tlogo Putri memang belum pulih seperti sebelum terjadi erupsi. Di sisi kanan air terjun terlihat pepohonan yang meranggas akibat terjangan awan panas (wedhus gembel). Sementara aliran air terjun juga tidak sederas sebelumnya, karena sumber air dari puncak Merapi tersumbat oleh material lava.

Berdasarkan penelitian dari pihak UGM Yogya, kawasan ini bisa direhabilitasi kembali dengan melakukan penanaman kembali dalam waktu setahun. Sejauh ini sudah banyak warga sekitar dan juga dari kalangan kampus dan pejabat daerah yang memulai melakukan penghijauan.

Disebutkan juga pascaerupsi Merapi, jumlah kunjuangan wisatawan ke Kaliurang menurun drastis. Jika sebelumnya pada akhir pekan, jumlah kunjungan wisata mencapai 300-400 orang, kini paling banyak hanya 100 orang. Padahal untuk bisa menikmati kawasan wisata Tlogo Putri dan juga puncak bukit Turgo untuk wisatawan domestik hanya dipungut bayaran Rp2.000, sedangkan untuk wisatawan asing Rp20.000 lengkap dengan pemandu wisatanya.

Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pun menggelar acara pertunjukkan kesenian daerah secara rutin tiap akhir pekan. Tujuannya untuk kembali menggairahkan wisata di Kaliurang. Pada Sabtu 28 Mei lalu, terlihat pertunjukan campur sari digelar untuk menarik wisatawan.

Tidak hanya itu, jajanan khas Kaliurang seperti sate kelinci dan jadah lengkap dengan tahu dan tempe bacem akan makin mengasyikan bagi wisatawan. Udara yang sejuk ditambah banyaknya satwa monyet akan memberikan kesan alami di wilayah lereng gunung ini.

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan di sekitar Kaliurang, sangat mudah untuk mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau.

WISATA LAHAR DAN VOLCANO
Hal lain yang menarik di kawasan Kaliurang, Sleman, DIY, ini adalah wisata lahar atau wisata volcano. Bagi Anda yang ingin melihat sisa-sisa keganasan wedhus gembel dan juga lahar panas, bisa berwisata di daerah Kaliadem, Cangkringan, Sleman. Di sana Anda akan melihat bukit yang gundul dan hamparan material vulkanik yang menjadi bukti betapa dahsyatnya bencana letusan Gunung Merapi.

Jika Anda tidak ingin jauh-jauh dari kawasan Tlogo Putri, Anda juga bisa menyisir ke sisi timur Kali Kuning. Di sana Anda akan melihata aliran Kali Kuning yang sudah penuh dengan material pasir dan bebatuan dari puncak gunung, di samping juga pepohonan yang meranggas tersengat awan panas wedhus gembel.

Di sejumlah wilayah di bebukitan yang masih meranggas, berdasarkan keterangan petugas di Kaliurang, memang sebagian membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa ditanami kembali. Hal itu disebabkan oleh lapisan pasir yang begitu tebal sehingga menutup tanah sebagai medium tumbuhnya berbagai tanaman.

Belum puas menyaksikan panorama wisata volcano, Anda pun bisa bergegas untuk mengunjungi Museum Volcanologiya ng juga hanya berjarak tidak lebih dari 2 Km dari Tlogo Putri. Dengan hanya membayar harga tiket Rp3.000, wisatawan bisa mendapatkan banyak informasi mengenai sejarah letusan Merapi, bebatuan yang dihasilkan dari letusan Merapi, hingga cerita mitos yang berkembang di masyarakat di sekitar Merapi.

Di museum ini, wisatawan juga bisa melihat diaroma dan berbagai foto tentang aktivitas erupsi sejumlah gunung berapi baik di Tanah Air maupun di manca negara. Bahkan jika nanti gardu pandang di lantai dua gedung ini sudah selesai digarap, wisatawan akan mudah menyaksikan puncak gunung Merapi dari museum ini.

Melihat potensi wisata yang luar biasa dan biaya yang murah meriah, tunggu apa lagi, segera kunjungi obyek wisata Kaliurang.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Lahar dan Volcano di Sleman Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda