Menikmati Waktu Sore di Tepian Pantai atau Taplau di Padang


Menikmati Waktu Sore di Tepian Pantai atau Taplau di Padang ---Taplau adalah istilah orang Padang menamakan Tepi Pantai Padang, sebenarnya kalimat Taplau merupakan singkatan Tapi Lauik (tepi pantai). Jadi Taplau Padang bisa juga di artikan sebagai Tepian Pantai Padang.
Tepian Pantai atau Taplau di Padang
Taplau Padang meruapkan salah lokasi wisata yang ada di Kota Padang, tiap hari libur daerah ini ribuan orang memadati kawasan Taplau ini, terutama hari raya Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya.

Pengungjungnya juga tidak hanya dari Kota Padang saja, tetapi sampai di luar Sumatera Barat seperti Riau dan Jambi juga menyambangi pantai ini. Pengunjung yang paling banyak umumnya dari kabupaten kota yang ada di luar padan. Umumnya datang berombongan, keluarga ada juga dengan pasangannya.

Deburan ombak dan tiupan angin laut menambah ketenangan anda menikmati Taplau ini. Bagi anda yang penyuka laut tentu di pantai Padang memiliki pesona tersendiri. Kalau anda mau menuju ke Taplau ini lebih bagusnya pada sore hari, jika cuaca bagus matahari tenggelam akan anda nikmati sampai puas bersama deburan ombak.

Taplau ini memang ajang rekreasi khusus orang Padang tak salah pagi, siang, sore dan malam Taplau sering di padati. Kalau hari biasa bukan hari libur biasanya Taplau akan banyak pengungjung yang ingin bersantai sepulang dari kantor, kenapa ini wisatanya sering di gandrungi, selain pesona alam yang bagus biayanya juga murah meriah. Tidak ada biaya masuk, cukup untuk biaya parkir saja kalau anda datang di daerah ini yang berjarak sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Padang ke arah barat.

Sambil menikmati matahari tenggelam, sambil menikmati jagung bakar bersama dengan teman-teman atau pasangannya di warung-warung yang sudah ada disepanjang pantai Padang yang berukuran sepanjang dua kilometer lebih kurang itu. Selain itu anda juga bisa memancing di kawasan itu batu-batu yang di pasang untuk menahan gelombang bisa di pakai untuk tempat memancing, batu tersebut menjorok ketengah laut.

Tak hanya menikmati matahari tenggelam, Taplau ini juga bisa di pakai ajang untuk mandi-mandi bagi yang pandai berenang yang perlu diperhatikan bagi anak-anak yang mau mandi perlu orang tuanya menjaga mereka saat mandi. Ini disebabkan arus laut cukup kuat yang bisa menyeret sampai ketengah dan akhirnya tenggelam.

Taplau ini memiliki sejarah pada saat gerakana perjuangan di era kolonial Belanda, beberapa bangunan tua masih ada di sekitar Tapplau ini, seperti gedung joang atau markas TNI AD di sekitar itu merupaka bangunan tua yang sudah dirubah namun arsiteknya masih utuh.

Kalau bergerak di bagian Selatan Taplau tersebut akan bertemua dengan Muaro Padang, Muaro Padang ini merupaka saksi sejarah sebaga pusat perdangan Indonesia bagian Barat pada saat jaman Belanda. Banyak bangunan tua yang kokoh berdiri di sepanjang sungai Batang Arau.

Namun kalau perut anda sudah keroncongan, cukup mengarah ke Selatan masih sepanjang pantai itu, anda akan dapat mengisi perut anda dengan ikan karang yang segar, lokasinya tak jauh dari pantai Padang hanya sekitar setengah kilometer saja menuju Pantai Purui di kampung nelayan ini beberapa rumah makan menyajikan ikan laut karang yang masih segar siap untuk dibakar.

Tinggal pilih ikan mana yang akan dibakar, pelayan rumah makan akan siap memanjakan lidah anda, selain ikan bakar di rumah makan ini juga menyajikan cumi bakar dan udang bakar. Anda masih penasaran silahkan datang aja ke Padang.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Waktu Sore di Tepian Pantai atau Taplau di Padang pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia tentang Keindahan Panorama Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang pada arsip travel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda