Mengunjungi Objek Wisata Lembah Ngarai Sianok Padang


Ngarai Sianok Padang
Mengunjungi Objek Wisata Lembah Ngarai Sianok Padang ---Travelling ke Padang belum lengkap rasanya tanpa menyambangi Lembah Ngarai Sianok. Lembah di perbatasan kota Bukittinggi mengingatkan pada film anak-anak Doraemon dan Nobita di Negeri Angin.

Kawasan ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama di daerah Sumatra Barat ini.

Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko).

Patahan ini membentuk dinding curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau - hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) - yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih.

Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.

Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yang disaranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays".

Rute yang ditempuh adalah dari Desa Lambah sampai Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti Rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, serta tapir.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Objek Wisata Lembah Ngarai Sianok Padang pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Wisata Belanja Oleh-Oleh di Pasar Seni Senggigi Lombok. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda