Pesona Keindahan Objek Wisata Waikabubak Sumba Barat


Waikabubak Sumba Barat
Pesona Keindahan Objek Wisata Waikabubak Sumba Barat ---Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga terkenal dengan Waikabubak merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat.

Kota Waikabubak sama seperti kota kabupaten lain di NTT dengan ruas jalan licin berlapis hot mlx, jalan yang meliuk di bawah perbukitan dan juga terdapat deretan rumah tradisional warga seperti di Kampung Tarung, Tambelar, Dessa Elu, Bodo Ede, dan Kampung Paletelolu yang masih memegang teguh keaslian budaya mereka.

Rumah tradisional Sumba terdiri dari tiga bagian, yakni lantai dasar yang merupakan kandang ternak kuda, lantai dua merupakan tempat keluarga, dan tempat tidur dan perapian terletak persis di bagian tengah.

Di setiap sudut kota dan kampung juga dapat dengan mudah ditemukan menhlr atau batu besar seperti tiang atau tugu yang ditegakkan di tanah, sebagai tanda peringatan dan lambang arwah nenek moyang.

Begitu juga dolmen atau monumen prasejarah berupa meja batu datar yang ditopang tiang batu dalam berbagai ukuran sangat mudah dijumpai di setiap kampung.

Pulau Sumba juga tidak hanya menawarkan wisata budaya, tetapi juga Indahnya pesona alam yang memikat. Ada air terjun di Welkelo Sawah, yakni sekitar 9 km dari Waikabubak yang Juga dimanfaatkan sebagai sumber listrik.

Hampir tidak ada makanan khas yang dijual di Sumba. Ditambah lagi, jarang sekali ada warung yang menjual makanan.

Tempat makan hanya ada di pusat kota. Meski sebagian besar penduduk beragama Nasrani, namun makanan halal dapat diperoleh dengan sangat mudah. Jika ingin pergi jauh seharian ke daerah terpencil, sangat disarankan untuk membawa bekal dari kota.

Oleh-oleh khas Sumba adalah ikat tenun. Beberapa kampung adat juga merupakan penghasil ikat tenun terbaik. Sempatkan melihat proses tenun dan pewarnaan dengan menggunakan bahan alami yang didapat dari alam.

Motif tenunan berbeda di masing-masing daerah. Sumba barat punya tenunan bermotif lebih sederhana dari Sumba Timur.

Demikianlah Artikel Travel Indonesia tentang Pesona Keindahan Objek Wisata Waikabubak Sumba Barat pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Wisata Indonesia sebelumnya tentang Wisata Budaya Leluhur di Desa Jangga Suku Batak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata bagi Anda dan keluarga!


Cari Tiket Pesawat dan Hotel Idaman Untuk Wisata Anda